UJIAN UN 2013/2014 ONLINE

Diposting pada: 2014-05-15, oleh : Zukri Nur Mustapa. S.Pd, Kategori: Kegiatan Sekolah

Kemendikbud sebut UN akan dilakukan secara online

Tahun depan Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan secara online. Tidak ada lagi naskah kertas, karena siswa akan mengerjakan soal di depan komputer.

Hal tersebut dikatakan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim. Menurutnya, UN akan diterapkan dengan computer based test.

Musliar mengungkapkan, pemerintah akan menunjuk satu sekolah sebagai pusat tempat ujian. Tidak hanya di provinsi, namun ada yang di kecamatan. “UN akan online dan offline. Soalnya akan dibuat lebih canggih tanpa perlu ada kertas-kertas yang dicetak,” katanya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin 3 Maret 2014.

Mantan Rektor Universitas Andalas ini menjelaskan, saat ini Kemendikbud sedang membuat system trial and error. Kemendikbud akan mencoba beberapa tes untuk mengetahui kemungkinan kegagalan.

Mengenai infrastruktur komputer, dia menjelaskan, tidak akan ada masalah karena setiap sekolah negeri sudah mempunyai komputer sendiri. Kemungkinan di satu provinsi akan ditunjuk 10-30 sekolah sebagai pusat tempat ujian.

Dia menyebutkan, belum dapat dipastikan apakah hasil UN dapat diketahui setelah selesai ujian. Namun tanggal tes akan dibuat berbeda per masing-masing sekolah.

Masyarakat pun diminta jangan khawatir ada kebocoran karena variasi soal akan dibuat lebih banyak lagi oleh perguruan tinggi sehingga setiap siswa akan menerima soal yang berbeda-beda. “Jika memang diperlukan kerja sama dengan Lemsaneg (Lembaga Sandi Negara) maka akan kami lakukan,” terangnya.

Musliar menyebutkan, sistem online ini akan menghemat anggaran negara untuk UN. Diperkirakan anggaran UN akan dihemat sebesar 50 persen dari anggaran UN tahun ini sebesar Rp580 miliar.

Penghematan terjadi pada tidak adanya pencetakan naskah soal dan lembar jawaban dan juga pengawasan distribusi soal dan lembar jawaban. Pemerintah juga berkeyakinan, sistem online akan menjadikan UN yang bermutu, bermartabat dan bermanfaat

Source from: http://nasional.sindonews.com


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945

Diterbitkan pada: 2016-08-17 Oleh: Zukri Nur Mustapa. S.Pd

REUNI AKBAR TAHUN 2016

pada tanggal 2016-07-09
Tempat : SMP NEGERI 1 RANAH PESISIR
Keterangan : ALUMNI PEDULI SMP NEGERI 1 RANAH PESISIR, MERAJUT NOSTALGIA MENUJU KEBERSAMAAN

Lomba Cipta Karya dan Fashion show

pada tanggal 2016-04-21
Tempat : SMP Negeri 1 Ranah Pesisir
Keterangan : Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini, Mari kita Tingkatkan Kreatifitas Berkarya
Zukri Nur Mustapa.S.PdLinda Puspita Sari. M.PdAsroninaldi.S.Pd
al-quran-on-line-smpn-1-ranah-pesisir

Quran Surat Maryam 19 : 28

28. Hai saudara perempuan Harun [902], ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”, [902]. Maryam dipanggil ”saudara perempuan Harun”, karena ia seorang wanita yang shaleh seperti keshalehan Nabi Harun a.s.

Baca Surat » Maryam »





www.m-edukasi.web.id blog guru
Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
561051 Total Hits Halaman
169079 Total Pengunjung
146 Hits Hari Ini
75 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Radio Langkisau 91.2 FM