SMP NEGERI 1 BANJIR LAGI

Diposting pada: 2016-12-21, oleh : Zukri Nur Mustapa. S.Pd, Kategori: Bencana Sekolah

MINGGU 29 DESEMBER TRAGEDI PILU DI DUNIA PENDIDIKAN KHUSUSNYA SMP NEGERI 1 RANAH PESISIR KEMBALI TERJADI
Banjir yang selalu menjadi tamu memilukan setiap Tahunnya di SMP Negeri 1 Ranah Pesisir

 

 GAMBARAN UMUM  SEKOLAH

 

  1. Sejarah Singkat dan Keadaan Sekarang

            SMP Negeri 1 Ranah Pesisir merupakan sekolah menengah pertama di Kabupaten Pesisir Selatan wilayah selatan dan yang kedua di Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan SK Pendiriannya  No. 293/Mp.DK/1955 tanggal 1 Agustus 1955 secara resmi memulai operasionalnya, berarti sampai tahun 2014 ini telah berusia pm59 tahun.

Letaknya di Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir  dan berjarak  pm65 KM dari pusat Ibu Kota Kabupaten (Painan).Denganl luas  tanah  50085 m2 (bersertifikat). Di atas tanah ini berdiri bangunan 14 Ruang Belajar, Perpustakaan, Ruang Majelis Guru, Labor IPA masing-masingnya 1 buah dan 1 ruang berukuran 7 x 9 yang dipakai untuk Ruang Kepala Sekolah, Tata Usaha dan Ruang ICT (3 in 1) serta satu Mushalla.

            Sejak berdiri, sudah 17 orang kepala sekolah yang memimpinnya. Secara berurutan adalah Syarifah, Tukijan, Abdul Kadir, Kasip, St. Kasmir, Syair, Kamaruddin, Marlis, Basri Bahir (2 kali menjabat), Budanir, Nasrullah, Amiruddin, Asril B, Afrizal, terakhir tahun ini Afrida Idrus.

            Posisi bangunan berada  300 m dari tepi  jalan utama ( jalur Padang Bengkulu),sebelah kiri jalan. Fondasi bangunan berada di bawah ketinggian jalan raya  sehingga ketika banjir datang sekolah selalu terendam air dan itu sudah terjadi sejak sekolah ini berdiri. Artinya SMP Negeri 1 Ranah Pesisir termasuk rawan banjir karena memang sekolah berada dekat dengan 2 sungai, Batang Palangai Kaciak dan Palangai Gadang. Ketika musim hujan datang air sungai naik dan pertemuan air 2 sungai tersebut akan menuju sekolah karena posisi sekolah berada diantara pertemuan itu.

Setiap tahun sekolah mengalami hal yang sama dan terdapat 2 kali banjir terbesar sepanjang perjalanannya yakni tahun 1980-an dan tanggal 3 November 2011 yang lalu.

            Pada banjir ke dua ini hampir semua fasilitas belajar siswa hancur, terutama Buku Paket, Media Pembelajaran, Sarana Olah Raga, Komputer dan Bangku/meja belajar (untuk mengetahui keadaan banjir ini dapat di update pada web: smpn1ranahpesisir.sch.id)

            Pada akhir  tahun  2013  ini tepatnya tanggal 29 Desember, hari Minggu, sekolah dilanda banjir kembali. Meskipun tidak ada kerusakan yang berarti tetapi pemandangan kumuh tak berwarna menghiasi hari-hari di sekolah sampai sekolah menata kembali keadaan tersebut menjadi baikdan kondusif.

                

  1. Dampak Psikis Bencana Banjir bagi Warga Sekolah

Bencana, jika datangnya hanya satu atau dua kali, tidak akan membawa dampak terhadap sikap mental yang tertimpa bencana. Sebaliknya jika dialami terus menerus dan dengan waktu yang dapat diprediksikan, dipastikan membawa dampak pada kejiwaan atau emosionalnya. Alasannya:

  1. peristiwa yang berulang-ulang akan menghantarkan seseorang pada titik jenuh. Ujungnya adalah patah hati atau putus asa, lebih jauhnya lagi tidak mau tahu (cuek) karena dalam rentangan waktu itu tidak ada upaya, tidak ada gerakan untuk keluar dari kondisi yang ada.
  2. Ketika sikap itu menimpa guru, rantai berikutnya adalah siswa karena bagaimananya keadaan kejiwaan siguru berdampak pada keadaan jiwa siswanya
  3. Akan muncul krisis kepercayaan pada jiwa-jiwa yang peduli dan memiliki kepedulian terhadap masa depan sekolah dan masa depan siswanya karena apapun alasannya ketepatan dan kenyamanan Tata Ruang sekolah berpengaruh besar terhadap sikap mental warga sekolah.

Klik di sini untuk Galeri Banjir 29 Desember 2013

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945

Diterbitkan pada: 2016-08-17 Oleh: Zukri Nur Mustapa. S.Pd

REUNI AKBAR TAHUN 2016

pada tanggal 2016-07-09
Tempat : SMP NEGERI 1 RANAH PESISIR
Keterangan : ALUMNI PEDULI SMP NEGERI 1 RANAH PESISIR, MERAJUT NOSTALGIA MENUJU KEBERSAMAAN

Lomba Cipta Karya dan Fashion show

pada tanggal 2016-04-21
Tempat : SMP Negeri 1 Ranah Pesisir
Keterangan : Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini, Mari kita Tingkatkan Kreatifitas Berkarya
Zukri Nur Mustapa.S.PdLinda Puspita Sari. M.PdAsroninaldi.S.Pd
al-quran-on-line-smpn-1-ranah-pesisir

Quran Surat Qaaf 50 : 34

34. masukilah syurga itu dengan aman, itulah hari kekekalan.

Baca Surat » Qaaf »





www.m-edukasi.web.id blog guru
Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
548341 Total Hits Halaman
162822 Total Pengunjung
324 Hits Hari Ini
217 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online

Radio Langkisau 91.2 FM