HARI KEMERDEKAAN

Diposting pada: 2016-12-08, oleh : Zukri Nur Mustapa. S.Pd, Kategori: Kegiatan Sekolah

Detik-detik peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 telah bergema 3.5 jam yang lalu, tentunya kita selaku warga negara yang baik harus menyambut Dirgahayu Hari Ulang Tahun (HUT) RI  17 Agustus 2016 ini dengan penuh renungan yang mendalam. Untuk itu  ada baiknya kita mengingat dulu sejarah singkat proklamsi kemerdekaan RI dari negara-negara penjajah.

Landasan kuat yang mendorong Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia yakni pada saat pasukan Jepang mulai melemah, kekalahan demi kekalahan diperoleh oleh pasukan Jepang yang sedang perang diwilayah Eropa. Jepang diporak porandakan oleh tentara Amerika pada bulan Mei 1942 di pertempuran Laut Koral dan Juni 1942 di Pertempuran Midway untuk mengusir mereka di tanah Eropa.

Bukan hanya itu saja, Amerika juga melakukan serangan secara kejam dengan menjatuhkan Bom Atom di Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus Amerika melakukan hal serupa diwilayah Nagasaki, dua pusat kota pemerintahan Jepang menjadi hancur rata dengan tanah. Momen kekalahan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh sang proklamir untuk mengumumkan kemerdekaan NKRI, hal ini dilakukan pada tanggal 10 Agustus 1945 ketika Sultan syahrir mendengar lewat radio bahwa jepang telah menyerah pada sekutu.

Pada saat Ir. Soekarni kembali dari Dalat, Sultan syahrir mendesak agar beliau segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia terlebih lagi pada tanggal 15 Agustus Jepang benar-benar menyerah pada sekutu. Para Pemuda Indonesia membawa keluarga Soekarno dan Hatta ke rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945 dini hari, hal ini dilakukan supaya Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh jepang.

Sementara itu, Wikana dan Mr. Ahmad Soebarjo yang saat itu sedang berada di Jakarta sangat menyetujui untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Setelah persetujuan tersebut, Yusuf Kunto diutus untuk menjemput Soekarno dan Hatta beserta keluarganya guna membuat konsep kemerdekaan.

 

Text proklamasi kemerdekaan disusun pada dini hari yang diketik oleh sayuti melik, kemudian pada pagi hari tepatnya hari Jumat 17 Agustus 1945 Ir. Soekarno membacakan text proklamasi kemerdekaan Indonesia pada pukul 10.00 WIB dan bendera merah putih yang dijahit oleh sang istri ibu Fatmawati berkibar di kediamannya Jl. Pegangsaan Timur No. 56

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945

Diterbitkan pada: 2016-08-17 Oleh: Zukri Nur Mustapa. S.Pd

REUNI AKBAR TAHUN 2016

pada tanggal 2016-07-09
Tempat : SMP NEGERI 1 RANAH PESISIR
Keterangan : ALUMNI PEDULI SMP NEGERI 1 RANAH PESISIR, MERAJUT NOSTALGIA MENUJU KEBERSAMAAN

Lomba Cipta Karya dan Fashion show

pada tanggal 2016-04-21
Tempat : SMP Negeri 1 Ranah Pesisir
Keterangan : Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini, Mari kita Tingkatkan Kreatifitas Berkarya
Zukri Nur Mustapa.S.PdLinda Puspita Sari. M.PdAsroninaldi.S.Pd
al-quran-on-line-smpn-1-ranah-pesisir

Quran Surat Ash-Shaaffat 37 : 69

69. Karena sesungguhnya mereka mendapati bapak-bapak mereka dalam Keadaaan sesat.

Baca Surat » Ash-Shaaffat »





www.m-edukasi.web.id blog guru
Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
621675 Total Hits Halaman
199825 Total Pengunjung
259 Hits Hari Ini
172 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online

Radio Langkisau 91.2 FM